Breastfeeding is Hard (?)

Sudah berapa lamakah Bunda menjadi Pejuang ASI?

Tentunya sepanjang perjalanan menyusui tersebut, beragam tantangan yang dihadapi pasti membutuhkan semangat dan dukungan keluarga terutama Suami agar bisa dilalui dengan baik.

TRIMESTER TERAKHIR KEHAMILAN
Tantangan: Kesibukan menghadapi masa kehamilan, menghadapi berbagai keluhan badan yang terlalu capai dan mudah kelelahan, sering membuat Bunda lupa untuk belajar dan mencari informASI untuk bekal menyusui nanti.
Apalagi dengan kesibukan persiapan belanja beragam keperluan bayi,. menyiapkan ruang tidur bayi, yang lebih sering menyita waktu dan tenaga Bunda.
Solusi: Penjadwalan dan perencanaan lebih matang mengenai kelas edukASI prenatal dan membuat list daftar barang yang akan dibelanjakan.

PASCA MELAHIRKAN
Tantangan: ASI yang belum keluar dan beratnya godaan susu formula untuk “pengganti sementara” yang ditawarkan pihak RS bahkan keluarga yang tidak mengerti pentingnya ASI, nipple lecet saat menyusui.
Solusi: Mencari RS yang PRO ASI, rawat gabung bersama si kecil, melaksanakan IMD dengan baik, serta belajar perlekatan yang benar. Suami dan keluarga sangat berperan penting dalam menciptakan situasi yang kondusif supaya Bunda tidak stress menghadapi syndrome Babyblues.

SISA CUTI
Tantangan: Tidak mempunyai stok ASIP, anak rewel ngeASIP.
Solusi: Jangan menunda pumping untuk stok, sedikit demi sedikit asal menjadi bukit. Latih Anak minum ASIP melalui media selain dot tanpa menunggu “injury time” menuju hari masuk kerja
BACK TO WORK!
Tantangan: Malas pumping , hasil pumping tidak stabil, dan godaan untuk sufor serta MPASI dini dari sekitar.
Solusi: Konsistensi Perah dan Kesabaran menjadi kunci

Segambreng hambatan diatas ternyata hanya sebagian kecil saja dari masalah yang dihadapi Bunda.
Apa hambatan terberat Bunda saat menyusui?

Menyusui adalah moment yang dirindukan oleh setiap Ibu

Salam Nenen,
SAKINA.

Leave a Reply