Parenting

Adakah Bahaya Dari Sewa Pompa ASI ?

Bolehkah Sewa Pompa ASI

    Ada pompa ASI elektrik keren lho sedang booming, harganya lumayan mahal kalau beli baru. Tapi penasaran nia pengen cobain enaknya kayak apa, sewa pompa ASI aja yuk daripada beli mahal tapi tidak cocok. Kata toko rental yang ini gak bahaya kok, aal distreil yang bener. Sering mendengar hal seperti ini? 😄 Atau Bunda…

MPASI : Ribet Deh !

MPASI

  “Persiapan pengenalan MPASI ke anak, pada pakai zuchini gak? “ “Bedanya Kabocha dengan labu biasa apa?” “Wah.. daging ikan salmon mahal ya bok…..” Hihihi, siapa yang begini? 😀 Wajar ya, setiap Bunda pasti ingin memberikan yang terbaik kepada putra putrinya. Beredarnya beragam “Daftar Menu MPASI” sering membuat Bunda bingung dengan adanya beberapa bahan yang…

Puasa dan Menyusui

Puasa dan Menyusui

Ramadhan sebentar lagi Wacana berpuasa untuk ibu menyusui kembali menghangat. Hihihi. “Puasa gak ya…. lemes ga ya nanti…” “Hasil pumping bagaimana ya? Berapa kali pumping besok puasa?” Yuk ah sebelum galau, mari mimin Sakina kembali buatkan kumpulan catatan penting dari AIMI dan Ayah ASI, dan Kellymom untuk dijadikan pengingat dan penimbang mengenai puasa…. Poin-poin penting…

Pekan ASI Dunia : 2015

IDAI : Flyer Pekan ASI 2015

Masih anget mengenai Pekan ASI Dunia. Ibu Bekerja pun bukan menjadi halangan untuk menyusui. Bahkan Ibu Bekerja dilindungi oleh Payung Hukum untuk terus dapat menyusui si kecil. Sehingga dukungan moral berupa kesempatan pumping maupun penyediaan infrastruktur berupa ruang laktasi juga WAJIB disediakan oleh kantor lho 😉     Yuk, sebarkan semangat ASI! Salam Nenen, Sakina…

MPASI : Metode BLW Atau Metode Konvensional??

blw-baby

“Wah… lagi ngetrend nih di luar negeri, video bayi makan sendiri alias BLW-an, belepotan cemong-cemong :-D” Nah… baru beberapa lalu kita sudah membahas mengenai keunggulan pengenalan MPASI sesuai rekomendasi  AIMI dan WHO dengan pengenalan nutrisi lengkap segera setelah masa pengenalan 2 minggu untuk mengejar pemenuhan kebutuhan gizi anak untuk  mendukung pertumbuhandan perkembangan si Kecil. Lalu,…

Gurita Bayi – Si Kain Bertentakel: Boleh, Asal..

gurita bayi

Siapa sih yang belum tahu gurita bayi? Gurita bayi terdiri dari dua lapis kain, yakni lapisan pertama yang berfungsi menutup bagian perut bayi dan lapisan kedua yang berupa tali pengikat. Seiring berjalannya waktu, penggunaan gurita sudah tidak sepopuler dulu lagi. Masih terkait dengan post Sakina kemaren mengenai Bedong Bayi, kali ini Mimin ingin membahas juga…

Di Balik Bedong Kencang : Hipdysplasia

Perbedaan antara Membedong dengan Benar dan Membedong Terlalu Kencang

“Yah, gak pinter mbedong ini, baru 5 menit langsung lepas, gini lho yang bener kenceng begini… “ “Bedong bikin anak anteng, gak kagetan, tidurnya nyenyak, kamu juga bisa istirahat malem.” “Baby umur brp, kok kakinya ga lurus itu? Dulu gak pernah dibedong ya?” *melongo bingung jawabnya* Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat salah satunya…

Menyusui dan Kontrasepsi

baju menyusui

  Sering kita mendengar beragam pendapat mengenai hubungan antara menyusui dan kontrasepsi. Menyusui sering dianggap sebagai metode KB alami. Akan tetapi adanya beberapa Bunda yang “kebobolan” saat menyusui sering membuat Bunda yang lain mencari alternatif kontrasepsi yang dianggap lebih aman untuk perencanaan keturunan. Sebetulnya, bagaimana sih korelasi menyusui dan kontrasepsi? Kapankah menyusui dianggap efektif sebagai…

#3 The Emotional of Being Newmom: Believe – Bunda Dhie.

nursing shawl

Aku adalah seorang ibu rumah tangga yang sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan swasta di Jogja. Kami menikah pada bulan Oktober 2013 dan seperti pasangan lain yang sudah menikah kami berharap segera mendapatkan momongan, namun tak kunjung hadir. Kami tetap berikhtiar, hingga aku memutuskan keluar dari tempatku bekerja. Berharap dengan tidak bekerja beban pikiran berkurang dan…

#2 Menyusui: Pengalaman Spiritual – Nur Purnamawati

breastfeeding-photos-pittsburgh-03

Bagi saya menyusui adalah sebuah perjalanan spiritual; wujud penghambaan menunaikan amanah dan memberikan hak asasi dengan segala daya upaya dan perencanaan yang matang. Bagi saya ASI bukan sekedar air susu melainkan Air Surga Ibu. Sebab, pada saat saya mengandung, saya merasa Tuhan selalu berkata: Aku titipkan seorang calon manusia di rahimmu, dia hidup dari apa…