Kopi dan Step Pada Anak

1st opinion: “Anak saya diminumin kopi, gak pernah step lho, biar jantungnya kuat diminumin kopi aja lah”
2nd opinion: “Halah sama aja, anak saya diminumin kopi sama eyangnya juga tetep kejang kalau demam”

Nah, masih bingung? Lalu mana yang benar? Apakah betul kopi bisa menurunkan kemungkinan step pada anak?

Sini, Mimin Sakina bantu merangkum pendapat para dokter mengenai kopi dan step pada anak.

Dr. Nita Rahma Dewanti, spesialis anak dari RS Internasional Bintaro
Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal ini. Bahkan, pemberian kopi pada bayi terbilang bahaya karena kafein di dalamnya akan membuat jantung berdetak kencang.

Prof. dr. Mohammad Juffrie, SpA(K), Ph.D., dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta
Salah. Kejang tidak ada hubungan dengan kopi. Bayi kejang karena sakit infeksi otak, gangguan metabolisme seperti kadar gula darah rendah, gangguan elektrolit, dan seterusnya. Makanan bayi baru lahir adalah ASI, bukan kopi.

dr. Titis Prawitasari, SpA,
Pemberian kopi kepada anak Anda bukan merupakan upaya yang tepat untuk mencegah terjadinya kejang. Sebab, kejang pada anak di bawah umur 4 tahun biasanya diakibatkan oleh demam tinggi atau faktor penyebab lainnya. Untuk mencegah demam, maka penyebab demam itulah yang harus dicari kemudian diatasi. Bila anak Anda demam, beri dia cairan yang cukup, seperti air, jus, makanan berkuah, dan bukan kopi. Kompres seluruh tubuhnya dengan air hangat dan berikan obat penurun panas sesuai umurnya.

Dr.Rifan Fauzie, SpA., di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta
Ada beberapa orangtua yang justru memberikan anaknya kopi saat sedang terjadi kejang. Kondisi ini sangat berbahaya, karena saat sedang kejang proses menelannya akan terganggu. Kopi yang diberikan saat anak sedang kejang tidak akan masuk pencernaan atau ke lambung, tapi akan masuk ke paru-paru. Nantinya kopi ini akan menimbulkan reaksi yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan di paru-paru.

Kejang pada anak selain akibat penyakit lain biasanya berasal dari keluarga memiliki riwayat kejang demam sama. Orang tua yang pernah mengalami kejang sewaktu kecil sebaiknya waspada, karena si kecil berisiko tinggi mengalami kejang yang sama. Selain faktor keturunan, juga terdapat faktor lain.

Jadi, kopi pencegah anak step adalah mitos.

Yuk terus belajar menjadi orangtua yang cerdas, mari pelajari langkah menghadapi anak demam dan pencegahan anak step/kejang (bagi anak yang mempunyai riwayat tersebut).

Salam Nenen,
Sakina.