Mitos Seputar Nenen

Pijat PD saat Hamil Untuk Persiapan ASI Ekslusif?

Setiap Mom to Be, alias Bunda yang sedang menjalani masa kehamilan, pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Termasuk menyangkut tentang pilihan Bunda untuk memberikan ASI Ekslusif. Apa saja yang perlu Bunda lakukan supaya bisa lancar memberikan ASI nanti? Adakah yang bisa Bunda lakukan sekarang untuk keberhasilan ASI Ekslusif? Banyak sekali saran dan tips yang ditawarkan kepada Ibu Hamil, tips tersebut dipercaya dapat membantu produksi ASI yang lebih banyak pasca melahirkan nanti.
“Pijat PD aja sejak hamil, diurut-urut supaya merangsang kelenjar susu “
“Itu nanti nipple nya ditarik-tarik sambil diputer-puter biar lentur, juga dibersihkan kotorannya pake minyak biar gak tersumbat”

Nah..
Apakah betul tips diatas berperan dalam upaya melancarkan ASI semenjak masa kehamilan?
Bagaimana kata para pakar laktasi menyangkut kebiasaan pijat-memijat PD dan “perawatan” nipple saat kehamilan? Yuk mari, Mimin SAKINA bantu bahas dengan beragam lampiran pendapat dari Konselor Laktasi.

1. Rachmadhani, Konselor Laktasi, Ketua AIMI Jawa Tengah
“Selama hamil, payudara tidak membutuhkan persiapan khusus. Puting payudara akan semakin lentur secara alamiah. Cukup dengan membersihkan puting dengan kapas dicelup air hangat setiap kali mandi. Tidak perlu dengan sabun atau baby oil. Karena di sekitar puting, di daerah gelap yang disebut areola, terdapat kelenjar yg memproduksi pelembab alami yang akan menjaga kelembaban areola. Kunci sukses menyusui di hari-hari awal melahirkan adalah :
1. IMD yang benar,
2. Rawat gabung, dan
3. Bantuan belajar menyusui (posisi dan pelekatan menyusu, pijat payudara setelah melahirkan, dan belajar memerah payudara).
Kalau boleh saya memberikan saran, sebagai persiapan untuk sukses menyusui, ibu bisa mengikuti kelas edukASI dan membekali diri dengan beragam informASI.”

2. Hadaya Istifadah, FPASI Kalsel, volunteer AIMI Kalimantan Selatan.
“Persiapan payudara secara fisik saat kehamilan sebetulnya TIDAK diperlukan. Namun secara turun temurun di Indonesia memang banyak yang percaya perawatan payudara saat hamil bisa membuat ASI lancar, walau dari hasil pengamatan dan penelitian tidaklah demikian.
Baik pijat payudara maupun puting selama kehamilan DAPAT MEMICU KONTRAKSI, terutama bagi ibu yang SENSITIF, seperti punya sejarah pendarahan atau pernah keguguran. Bersihkan puting seperlunya saja saat mandi, tidak perlu menggunakan berbagai macam minyak. Karena sebenarnya areola sudah memiliki pelumas alami. Kelenturan puting akan meningkat seiring usia kehamilan, dan akan semakin meningkat setelah melahirkan. Jadi MENARIK_NARIK puting juga sebaiknya TIDAK dilakukan saat hamil.
Produksi ASI sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak trimester kedua, hanya saja karena hormon-hormon kehamilan kita masih dominan, maka keluarnya ASI pada masa hamil tidak selalu terjadi di semua ibu. Ada ibu yang di trimester kedua kehamilannya ASI sudah mulai keluar. Tapi kalau pun tidak keluar, juga tidak apa-apa. Keluar atau tidaknya ASI saat masih hamil bukan indikasi keberhasilan menyusui. “

3. Fatimah Berliana Monika , ST , MM Konselor Laktasi & La Leche League (LLL) Leader of Rochester South NY, US.
“Yang perlu diperhatikan oleh Bunda saat hamil adalah menggunakan bra yang tepat (proper fitted bra) agar Bunda nyaman karena payudara tertopang dengan baik, hal lain juga mengurangi nyeri punggung dan juga menjaga bentuk payudara. Memasuki trimester kedua, payudara mulai memproduksi kolostrum (tahap Laktogenesis 1). Pada trimester akhir kehamilan bisa terjadi kolostrum merembes keluar. Maka Bunda yang sedang hamil dapat menggunakan breast pad. TIDAK dianjurkan untuk melakukan treatment khusus untuk puting seperti memutar , menggosok dengan tujuan untuk menguatkan puting, efek negatifnya malah mengiritasi puting. Pijat payudara saat hamil apalagi di Trimester terakhir tidak dianjurkan karena memicu kontraksi.”

Waw.. Penjelasannya cukup bisa dimengerti ya
Urusan pijat memijat PD sebetulnya TIDAK DIPERLUKAN, bahkan menjadi TIDAK DISARANKAN karena memicu kontraksi saat kehamilan karena merangsang hormon oksitosin.
Pijat PD pada Ibu Menyusui – lah yang bisa Bunda lakukan baik sesaat sebelum Bunda akan Menyusui atau Pumping

Jadi, mari kita catat . Yang perlu digarisbawahi disini adalah pentingnya ilmu pengetahuan akan ASI sebagai bekal Bunda untuk menyusui.

Persiapan Bumil untuk kesuksesan menyusui adalah :
1. IMD yang benar,
2. Rawat gabung, dan
3. Bantuan belajar menyusui (posisi dan pelekatan menyusu, pijat payudara setelah melahirkan, dan belajar memerah payudara).
4. Menggali informASI dan mengedukASI keluarga dan sekitar, agar Bunda mendapat dukungan penuh untuk bisa memberikan ASI Ekslusif kepada Buah Hati.

Selamat menikmati masa kehamilan dan menantikan kelahiran si Kecil

Referensi: http://health.kompas.com/read/2013/04/10/09205355/Agar.ASI.Lancar.Perlukah.Rawat.Payudara.Sejak.Kehamilan.

Salam Nenen,
SAKINA.

Leave a Reply