Newmom’s Dilemma

Eh lha, itu adek kok ga dibedakin habis mandi? Gak wangiii.
~ Gakpapa bu, kalau mau wangi pakai collogne aja.

Itu kenapa guritanya ga kenceng ngiketnya? Bedong juga longgar.
~ Iya, biar ga seseg dadanya kasian.

Kalau habis pergi, mau nyusuin, teteknya diuyeg dulu biar campur kentelnya.
~ ooh.. Iya. *goncangnenen

Ini popok belum kering musim hujan. Sudah Eyang setrikain buat adek ya.
~ makasih Eyang… *menatap clodi dan insert sudah gepeng

Ini Ibu icip buburnya debay kok gak enak, hambar. Kasih garam ya!
~ Mmmm.. Ga uss… *terlanjur dicemplung garam

Ibu sedih, apa apa kok kamu nurutnya ke internet, bukan ke Ibu.
~ bukan begitu buuu.. *mewek

Yap, ini dia sedikit cerminan yang dihadapi newMom. Maka tak heran ada banyak newMom yang mengalami babyblues syndrome, selain lelah karena kurang istirahat, tekanan dan “saran” bisa menjadi penambah stress Bunda.

Newmom memang belum memiliki pengalaman, apalagi mengenai keahlian praktikal seperti cara menggendong yang benar, bagaimana memandikan yang aman, perlekatan menyusui yang baik, menggantikan baju dan popok, sehingga Bunda memerlukan pendampingan oleh orang yang mumpuni.

Akan tetapi bagaimana menghadapi risiko seperti hal di atas? Adanya perbedaan pemahaman akan informasi dan ilmu karena gap generation sering menyebabkan konflik kecil. Nah.. Disinilah perlunya komunikasi yang baik antara Ayah, Bunda, dan keluarga mengenai pilihan dan langkah apa saja yang akan Bunda lakukan setelah melahirkan nanti.
Pilihan ASI, IMD, rawat gabung, popok kain modern, sampai hal kecil mengenai bedak, bedong, gurita apapun yang menyangkut perawatan bayi, bisa Bunda bicarakan jauh hari sebelum melahirkan.Peran Ayah sangat besar untuk mendukung Bunda dan menjadi penengah yang baik.

Note.
Pada saatnya nanti kita juga akan menjadi tua dan menjadi Nenek, disinilah kita juga harus menyadari bahwa kita akan mengalami posisi tersebut kelak. Soo.. Jangan pernah berhenti belajar sampai tua nanti ya. Belajar terbuka dan menerima masukan itu keren

Ada yang punya pengalaman mirip diatas?
Jangan lupa untuk tetap menyampaikan maksud dan keinginan dengan cara yang halus dan tanpa menggurui ya

Salam Nenen,
Sakina.