Seputar Puting Lecet

Duh, Nippleku Berdarah !

“Aduh Maak… Nyerinyaa kalau menyusui, sakitnya serasa mengalir ke semua badan. Bagaimana ini ya, distop dulu menyusuinya? Nanti kalau PD bengkak, juga sakit.. Wah..serba salah… ”

Yup.. Ada yang sudah pernah mengalami?
Atau sedang mengalami puting lecet? Malah sampai berdarah? Brrr….
Bagaimana sih sampai bisa terjadi luka lecet pada puting?
Apa saja yang perlu kita lakukan saat menghadapi puting lecet atau berdarah.
Hayuk.. Mimin Sakina bantu kumpulkan artikel dari AIMI, Breastfeeding Inc. dan beberapa sumber lainnya

Terjadinya puting lecet di awal menyusui pada umumnya disebabkan oleh posisi dan pelekatan bayi yang tidak tepat saat menyusu atau bahasa kerennya Latch On.
Latch on yang benar adalah mulut bayi terbuka lebar, dagu menempel pada PD, areola (bagian hitam yang mengelilingi puting) masuk sempurna kedalam mulut bayi, sehingga hanya menyisakan sedikit areola yang menyembul di atas mulut bayi

Lalu, apakah proses menyusui bisa diteruskan saat puting sedang lecet? Bisa dong
Meskipun darah yang kadang masuk ke ASI bisa membuat bayi gumoh lebih banyak, atau darah dari luka di puting ibu bahkan mungkin muncul dalam buang air besar si bayi, ini bukan alasan untuk berhenti menyusui bayi.

Yang harus dilakukan menghadapi Puting Lecet :

  • Cek Perlekatan Menyusui dan Posisi Bayi : pastikan Latch On benar, segera koreksi sebelum lecet bertambah parah.
  • Oles puting dengan ASI sebelum dan sesudah menyusui, angin-anginkan sebentar supaya kering. ASI terdapat “pelumas” yang bisa melembutkan areola dan puting, serta mengandung desinfektan yang bersifat membersihkan.
  • Jangan membersihkan puting dengan sabun atau alkohol, cukup basuh dengan air saat mandi.
  • Tidak disarankan menggunakan “puting sambungan”
  • Hindari penggunaan Breast Pad langsung ke sisi PD karena akan membuat puting lembab dan memperparah lecet
  • Jika puting luka dan sakit sekali, boleh diistirahatkan selama 1-2 hari dari proses menyusui langsung dan selama itu ASI diperah dengan tangan sesering mungkin dan ASIP diberikan dengan media selain dot. Jika luka membaik, silakan menyusui kembali.
  • Puting lecet karena digigit si kecil ? Nah, ini perlu kesabaran untuk memberi pengertian kepada si kecil. Terkadang si kecil tertawa melihat reaksi Bunda apabila mereka melakukan sesuatu. Hindari pula “ngempeng” saat menyusui, lepaskan PD saat anak sudah menunjukkan tanda kenyang.

Menyusui pasti Menyakitkan? Salaaah… Menyusui kalau benar itu nikmat kok
Tapi patut diacungi jempol untuk para NewMom disana yang terus belajar menyusui dengan benar. NewMom dan Newborn sama-sama sedang belajar, fight!

Salam Nenen,
Sakina