Tag Archive for Tips Menyusui

#WouldYouEatHere

would

Bunda, ini adalah sebuah bentuk campaign ads di luar negeri tentang hak-hak mendasar menyusui. Dengan gambar ini, akan muncul pertanyaan seperti, “Haruskah kami melakukan hal ini?” atau “Apakah ini (menyusui di toilet) dibenarkan?” Ternyata kondisi di luar negeri sana tidak jauh berbeda dengan di Indonesia ya Bun. Berkaca dari Bunda Ayu Diah K (Korban KA…

Mitos dan Fakta Menyusui

fakta

Faktanya adalah … Menyusui tidak menyakitkan bila dilakukan dengan benar, sedikit ketidaknyamanan pasti muncul di minggu pertama atau kedua. Menyusui jauh lebih mudah dan nyaman daripada susu botol. ASI is free, komposisi sempurna, hangatnya pas, dan siap diminum kapan saja, dimana saja. Dengan jumlah pembakaran ekstra 300-500 kalori setiap harinya, menyusui berkontribusi terhadap healthy weight…

Bolehkan Bayi Minum Madu?

honey

“Biar lahap makan, lebih sehat daya tahannya bagus, dikasi minum madu aja merk terkenal itu lho blabla..” Madu memang mempunyai khasiat dan kandungan yang sudah tidak diragukan lagi. Akan tetapi, apakah semua yang bagus itu selalu cocok untuk si kecil? Yuk, Mimin Sakina bantu merangkum beragam pendapat ahli yang bisa dijadikan referensi. dr. Ariani Dewi…

Balada Pulang Kampung

mudik(37)

Balada Pulang Kampung Para Bunda pejuang ASI Ekslusif, begini: “Ayaaah… nanti bantu jagain Dedek waktu mudik ya, jangan sampe ada yang kasih Dedek roti apalagi nyuapin makan!” Para Bunda yang memiliki baby kurang dari 12 mo begini: “Duuh.. bawa bahan makanan apa aja ya? Saat mudik besok godaan banyak banget buat ngasih Dedek bubur bayi…

Peringkat Susu Terbaik

botol-susu-bayi-2

“Bagus yang mana? Susu murni atau susu bubuk?” “Ah.. Ada harga ada rupa. Susu yang mahal lah yang bagus, nih sekaleng aja 140ribu” Are you sure Mommy? Ahli nutrisi Emilia E Ahmadi, MS, RD. menyatakan bahwa urutan susu terbaik adalah: ASI – Pasteurisasi – UHT – Bubuk – Kental Manis. Di negara-negara lain, hampir 100%…

Extended Breastfeeding

o-EXTENDED-BREASTFEEDING-facebook

ASI setelah 2 tahun = ASI jelek (?) “Kalau sudah 2 tahun harus disapih, ASInya sudah jelek, bisa bikin anak jadi bodoh.” Eh.. Masa iya sih, ASI bisa turun tingkatan begitu, dari kualitas susu terbaik, tiba-tiba bisa bikin anak bodoh? Yuk mari, Mimin Sakina sudah dapat pencerahannya nih, simak penjelasan dari pakarnya. 1. Andriana Chaizir,…

Mitos Menyusui #14: Ukuran Beha

beige-underwire-bra

PD besar = ASI Melimpah (?) “Ah, seneng ya jadi kamu, ASInya banyak, jadi bisa nyetok, aku ga bisa soalnya ASI ku dikit, pompa langsung habis diminum, jadi sekarang dibantu sufor kalau aku pergi kerja.” Huhu.. Betapa kasian Bunda yang belum mendapat pencerahan tersebut di atas . Diluar pemahaman mengenai Manajemen ASIP, ada poin penting…

Gemuk Tidak Sama dengan Sehat

anak sehat

Anak Gemuk (PASTI) Anak Sehat? “Wah.. Si Anu minum susu nya kuat banget, makanya badan montog dan gempal” “Dibanyakin makan nasinya biar cepat besar” “Anakku kok cuma segini sih badannya, anak sebelah baru umur 6 bulan aja udah pake baju anak umur setahun” Nyekokin anak dengan susu apalagi karbohidrat? Ehem… Berbicara mengenai BERAT BADAN anak,…

Menyusui Itu Merugikan

No Milk Today

Nih daftar kerugian kalau bunda menyusui: 1. Gagap Berita dan Info Susu Sejak nge ASI, Bunda bakal semakin tak peduli dengan harga sufor di pasaran, tidak lagi sibuk memilih dan membandingkan kandungan sufor A sampai Z, dan tentunya Bunda bakal selalu ketinggalan info promo sufor di pusat perbelanjaan. “Ooh.. Kemarin ada promo susu ini disana…

Just Another Breastfeeding Myth

myth

“Kalau habis pergi dari luar, sebelum menyusui anak, nenennya dicuci dulu gih!” “ASI yang keluar di pagi hari setelah bangun tidur itu kualitasnya jelek, ASI BASI tau.. semalaman nginep soalnya” “Eh itu alat vital dedek jangan sampai kena ASI, nanti bisa bikin mandul!” Hmmmmff….. Wah, jadi busui itu berat ya, banyak sekali hal yang bikin…