Tag Archive for Tips Menyusui

Peringkat Susu Terbaik

botol-susu-bayi-2

“Bagus yang mana? Susu murni atau susu bubuk?” “Ah.. Ada harga ada rupa. Susu yang mahal lah yang bagus, nih sekaleng aja 140ribu” Are you sure Mommy? Ahli nutrisi Emilia E Ahmadi, MS, RD. menyatakan bahwa urutan susu terbaik adalah: ASI – Pasteurisasi – UHT – Bubuk – Kental Manis. Di negara-negara lain, hampir 100%…

Extended Breastfeeding

o-EXTENDED-BREASTFEEDING-facebook

ASI setelah 2 tahun = ASI jelek (?) “Kalau sudah 2 tahun harus disapih, ASInya sudah jelek, bisa bikin anak jadi bodoh.” Eh.. Masa iya sih, ASI bisa turun tingkatan begitu, dari kualitas susu terbaik, tiba-tiba bisa bikin anak bodoh? Yuk mari, Mimin Sakina sudah dapat pencerahannya nih, simak penjelasan dari pakarnya. 1. Andriana Chaizir,…

Mitos Menyusui #14: Ukuran Beha

beige-underwire-bra

PD besar = ASI Melimpah (?) “Ah, seneng ya jadi kamu, ASInya banyak, jadi bisa nyetok, aku ga bisa soalnya ASI ku dikit, pompa langsung habis diminum, jadi sekarang dibantu sufor kalau aku pergi kerja.” Huhu.. Betapa kasian Bunda yang belum mendapat pencerahan tersebut di atas . Diluar pemahaman mengenai Manajemen ASIP, ada poin penting…

Gemuk Tidak Sama dengan Sehat

anak sehat

Anak Gemuk (PASTI) Anak Sehat? “Wah.. Si Anu minum susu nya kuat banget, makanya badan montog dan gempal” “Dibanyakin makan nasinya biar cepat besar” “Anakku kok cuma segini sih badannya, anak sebelah baru umur 6 bulan aja udah pake baju anak umur setahun” Nyekokin anak dengan susu apalagi karbohidrat? Ehem… Berbicara mengenai BERAT BADAN anak,…

Menyusui Itu Merugikan

No Milk Today

Nih daftar kerugian kalau bunda menyusui: 1. Gagap Berita dan Info Susu Sejak nge ASI, Bunda bakal semakin tak peduli dengan harga sufor di pasaran, tidak lagi sibuk memilih dan membandingkan kandungan sufor A sampai Z, dan tentunya Bunda bakal selalu ketinggalan info promo sufor di pusat perbelanjaan. “Ooh.. Kemarin ada promo susu ini disana…

Just Another Breastfeeding Myth

myth

“Kalau habis pergi dari luar, sebelum menyusui anak, nenennya dicuci dulu gih!” “ASI yang keluar di pagi hari setelah bangun tidur itu kualitasnya jelek, ASI BASI tau.. semalaman nginep soalnya” “Eh itu alat vital dedek jangan sampai kena ASI, nanti bisa bikin mandul!” Hmmmmff….. Wah, jadi busui itu berat ya, banyak sekali hal yang bikin…

Seputar Puting Lecet

Stress

Duh, Nippleku Berdarah ! “Aduh Maak… Nyerinyaa kalau menyusui, sakitnya serasa mengalir ke semua badan. Bagaimana ini ya, distop dulu menyusuinya? Nanti kalau PD bengkak, juga sakit.. Wah..serba salah… ” Yup.. Ada yang sudah pernah mengalami? Atau sedang mengalami puting lecet? Malah sampai berdarah? Brrr…. Bagaimana sih sampai bisa terjadi luka lecet pada puting? Apa…

Breastfeeding Cost

coste

Pernahkah Bunda membayangkan atau menghitung seberapa besar pengeluaran yang harus dibayar apabila Bunda tidak menyusui? Sekian ratus ribu, sekian juta? Hmmm…. Ada yang sudah pernah membaca tentang artikel Mommiesdaily tentang perhitungan belanja susu formula selama 6 bulan, 1 tahun, bahkan selama 2 tahun? Sari Kaylaku, konselor laktasi dan Kepala Divisi Riset AIMI, pernah melakukan riset…

Diet.

Diet

Selamat siang Bunda Sudahkah menyantap makan siang? Atau ada yang sedang memasuki sesi makan siang kedua? Hihih… Ibu menyusui memang lebih sering merasakan lapar, karena proses menyusui memang membakar kalori 200-600 per hari atau sama dengan bersepeda selama 1 jam. Wow… Menyusui bisa menjadi cara diet alami dan sehat untuk bunda pasca melahirkan. Jadi jangan…