Tips Hemat Ruang Freezer dengan Plastik ASIP

Halo Bunda..
Pastinya kita semua setuju, bahwa Manajemen ASI sangat terkait erat dengan alat pendingin bernama kulkas. Yak, Kulkas (khususnya freezer) memang menjadi tempat penyimpanan ASIP yang paling banyak digunakan oleh Bunda. Eits, tapi jangan pernah lupa dengan Buruh Pabrik Mbak Kemi, yang bisa menggunakan termos es untuk penyimpanan ASIP .

Bunda yang berlebih budget biasanya menambah daya ruang penyimpanan dengan menggunakan freezer satu pintu khusus untuk penyimpanan ASIP.
Nah…untuk Bunda yang menggunakan freezer dari kulkas 2 pintu, bisa juga kok memaksimalkan daya ruang penyimpanan dengan menggunakan media penyimpanan ASIP.

Ada Bunda yang masih ingat beragam urutan media penyimpanan ASIP?
Stainless Steel – Kaca – Botol plastik BPA Free – Botol Plastik ber BPPOM – Kantong ASI – Kantong Food Grade.

Yup, setiap media memiliki plus dan minus masing-masing. Sperti botol kaca, mudah didapatkan dengan harga yang ekonomis, akan tetapi memiliki kekurangan pada volume media dan berat.

Penggunaan Kantong ASIP sangat membantu Bunda untuk menghemat ruang di freezer, biasanya disisipkan di sela-sela ruang botol kaca yang ada di dalam freezer. Bunda yang melakukan E-PING juga biasanya memilih menggunakan media ini karena lebih ringan sehingga pengiriman ASIP menjadi lebih hemat.

Tipsnya mudah,
Simpan ASIP Beku dalam kantong ASIP dalam bentuk lembaran pipih, seperti keju.
Keluarkan udara di dalam plastik saat akan menyegel kantong.
Letakkan ASIP tersebut terlebih dahulu dengan posisi terbaring.
Setelah beku, tadaaaa… jadi lembaran ASIP yang gepeng.
Di USA bahkan ada lho yang menyediakan alat dispenser yang membantu bunda memudahkan mengambil ASIP dalam plastik sesuai urutan FIFO.

See?
Plastik khusus ASIP aman digunakan, silahkan dicek masa pemakaian dari kemasan ASIP yang bunda pergunakan, karena setiap merk memiliki standard masing-masing.
Yuk terus semangat pumping demi ASI Ekskusif

Salam Nenen,
SAKINA.

Post navigation

Leave a Reply